Home » , » Kitab Riyadhus Shalihin Jilid 1 & 2

Kitab Riyadhus Shalihin Jilid 1 & 2

Riyadhus Shalihin adalah salah satu kitab karya Imam An-Nawawi yang berisi kumpulan hadits seputar kehidupan sehari-hari Rasulullah Muhammad saw.
mam Nawawi Rahimahullah adalah seorang ulama besar dalam fiqih mazhab Syafi’i yang telah mencapai derajat yang tinggi yaitu mujtahid fatwa. Seluruh pembahasan yang menyentuh masalah fiqih dalam kitab ini pasti selaras dengan tuntunan syariat dalam mazhab Syafi’i pula. Sedangkan dalam pemahaman aqidah, beliau dikenal sebagai ulama Ahlussunnah wal Jama’ah Al Asy’ariyah. Tidak heran jika dalam pembahasan masalah aqidah, beliau selalu berpegang teguh pada mazhab ahlusunnah wal jama’ah yang melatar belakangi pendidikan serta faham beliau semasa hidupnya.
Sebagaimana dimaklumi, akidah ahlussunnah wal jama’ah al Asy’ariyah senantiasa mengamalkan ta’wil atas sifat-sifat Allah yang mutasyabihat kepada sifat-sifat Allah yang muhkamat. Sebagai contoh jika bertemu dengan ungkapan “Tangan Allah”, akan dita’wil menjadi “Kuasa Allah”, “Muka Allah” dita’wil dengan “Zat Allah”. Ini dimaksudkan agar terhindar dari faham Mujassimah, yang menggambarkan seolah-olah Allah punya jasad, mirip dengan makhluk-Nya. Sedangkan ungkapan “Allah Turun” dita’wil menjadi “Allah menurunkan rahmat-Nya”, Allah “duduk” menjadi “Allah berkuasa”, dan lain-lain sebagainya. Beliau menghindari faham yang menyerupakan Allah dengan sifat makhluk seperti: “duduk”, “naik”, “turun”, ‘bertempat tinggal pada tempat tertentu’, ‘tertawa’, dan lain-lain. Ta’wil yang beliau lakukan ini sesuai dengan tuntunan Al Qur’an dan hadis-hadis shahih yang muhkamat, agar terhindar dari kemiripan dengan faham Musyabbihah, yang memahamkan Allah itu mempunyai sifat mirip dengan makhluk-Nya..
Untuk pembahasan masalah fiqih, yakni yang berkaitan dengan masalah hukum ahkam agama, beliau dengan mantap berpegang teguh kepada mazhab Syafi’i. Itulah mungkin yang menjadi salah satu penyebab kenapa kitab Riyadus Shalihin ini sangat populer di Indonesia, di mana memang hampir seratus persen kaum muslimin Indonesia telah menganut mazhab Syafi’i selama ribuan tahun
Kitab ini layak dijadikan kitab rujukan bagaimana setiap muslim dalam kesehariannya sehingga tidak keluar dari apa yang telah dicontohkan Rasulullah Muhammad saw.

Ebook ini berisi terjemahan dari kitab Riyadhus Shalihin kedalam Bahasa Indonesia sehingga memudahkan sahabat-sahabat untuk membaca dan memahaminya.


= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Kitab Riyadhus Shalihin Jilid 1 dan Jilid 2
Penulis : Imam Nawawi
Page : 388 halaman (Jilid 1) | 743 halaman (Jilid 2)
Type : PDF
Size : 1,67 MB | 1,9 MB
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

BLOGGER BOJONEGORO